Friday, June 26, 2015

Amankah berpuasa ketika hamil ?


Bismillahirrohmanirrohiim,
10 Ramadhan 1436 Hijriah

Berbagi pengalaman nih.
Usia kandunganku saat ini adalah 26 minggu.
Dan ramadhan taun ini, aku sedang hamil 😗.

Amankah melaksanakan shaum saat hamil ? Mostly dapat dikatakan aman. Kalau kita berada di trimester ke 2.
Kenapa ? Sebab setelah searching dan tanya tanya, insya allah kandungan kita kuat kok. Karena di trimester kedua itu beberapa kekuatan kita sudah kembali lagi.
Dan dikatakan aman jika kita tetap menjaga asupan makanan kita dengan nutrisi dan gizi yang cukup.

Jadi bisa terbayang nih, ketika sahur kita harus minum jus, makan makanan yang bernutrisi, minumnya madu dan susu, jangan lupa air putih. Kalau aku sih gitu ya 😀, dan alhamdulillah bisa kuat sampai buka.

Kalau tengah hari lapar, usahakan tidur siang aja. Biar tubuh kita juga istirahat. Bukan karena laparnya, tapi memang harus tidur siang 😁.

Lapar ya pasti terasa lapar, yang paling penting pantau pergerakan sang bayi di perut kita. Kalau pergerakannya terasa melemah dari biasanya segera konsultasikan ke dokter.

Kalau aku sih engga. Hanya saja pergerakannya aktifnya jadi berubah jam tayang. Sore dan bisa sampai menjelang sahur.

Tapi asik kok, akupun melakukan shaum karena dokter kandungan menyarankan kalau kuat ya gak apa apa. Pada dasarnya, gimana niat sih 😁

Hana Zainab Mukarromah Web Developer

I am a programming teacher who lived in Bandung, pluviophile nephelolater, oneironaut, writer, blogger, muslimah for a living