Thursday, May 21, 2015

22 Minggu~! | 22 Weeks Of Pregnancy


Hai~ sekarang kehamilanku genap 22 minggu, 2 hari (jalan 5 bulan).

Hal- hal apa saja yang dirasakan? oke diantaranya adalah :

▶Kembalinya lagi kekuatan dalam tubuh, karena hormon tubuh kita kini telah beradapatasi dengan baik. Tapi walaupun kekuatan kita udah kembali, tetap aja namanya ibu hamil ya tetap cepat lelah. Jangan di forsir ya calon Bunda.

▶The Second Trimester! yeaay trimester kedua, yang artinya terjadi perubahan signifikan dalam tubuhmu. Bentuk tubuh khususnya, bagian perut tentunya!

▶Masih suka pusing, pening tiba-tiba? padahal makan terus? Masiiih. Masih banget apalagi kalau kita melakukan suatu hal dalam waktu yang lama. Mengetik misalnya, berdiri tegak misalnya.

▶Masih suka lapar, cepet lapar, dan haus. Dengan konsumsi makan dan minum yang lebih dari biasanya pun akan kerasa kalau energy kita "draining so fast" Layaknya smartphone yang habis batere. Maka dari itu, dibulan kelima ini, harus tetap banyak makan dan minum yang bernutrisi loh!

▶Glowing Face and skin, kinclongnya, apa masih ada? Nah ini nih, yang aku rasakan sih ya kulit kita udah ga terlalu glowing. Jadi aku rutin menggunakan masker herbal dan krim malam setiap hari. Karena jujur, mulai banyak jerawat nih, jerawat sama biang keringat di sekitar tubuh. It's true! karena menurut penelitan, ketika awal trimester kedua, kulit kita benar benar membutuhkan collagen yang banyak. Apa tuh collagen ? singkatnya, collagen ini zat dalam tubuh kita yang berfungsi sebagai pelembab, pelindung natural kulit kita. Namun ketika kita sedang hamil, collagen tersebut berkurang. Lihat deh tubuhmu, apakah sudah mulai ada stretch mark atau singkayo ? ayo buru-buru beli lotion atau olive oil. Harus rutin ya pakainya.

▶"Constipation, is coming". Sembelit nih, calon bunda. Yang aku rasakan sembelit udah mulai kerasa. Untuk mengatasinya, perbanyak mengkonsumsi buah dan air putih. utamanya, susu dan sayuran juga. Kalau aku cara mengaturnya dengan mengkonsumsi susu dimalam hari, biar di awal pagi ga sembelit lagi deh hehehe. Jangan terpancing minum-minuman serat yang ada dipasaran ya, lebih baik yang alami langsung dari alam saja.

▶Sakit pinggang ? Iya! sakit pinggang, atau bawah punggung terasa karena organ tubuh kita sedang menyesuaikan. Bayi yang ada di dalam tubuh kita kian membesar, oleh karena itu tubuh kita secara alami harus ikut membesar, agar mampu menopang bayi. Nah karena perubahan organ dalam tubuh inilah, kadang terasa sangat sakit bagian bawah punggung kita.

▶Jangan bangkit dari tidur terlalu cepat! kenapa? karena perutmu akan sakit bunda. Bangkit dari dudukpun akan terasa nyeri, dan sekarang kita harus mulai jalan secara perlahan. Ingat ya, tubuhmu sekarang diperuntukan untuk dua orang, atau 3 orang kalau bayimu kembar :D.
Hana Zainab Mukarromah Web Developer

I am a programming teacher who lived in Bandung, pluviophile nephelolater, oneironaut, writer, blogger, muslimah for a living