Sunday, September 16, 2012

Pantheon & Fontana di Piazza Della Rotonda Full Review



Pantheon
Yeaay ~ so happy , akhirnya tiba saatnya untuk mengulas tentang Pantheon dan Fontana di Piaza della rotunda

Pantheon
Masa Pembangunan : 118M – 128M
Lokasi :Roma, Italia
Constructed by : Hadrian (Roman Emperor)

Pantheon adalah kuil yang dipersembahkan untuk semua dewa-dewi, Pantheon dari Roma adalah bangunan bangunan terawet dan terbaik dan paling signifikan dalam sejarah arsitektur. Bentuknya merupakan silinder sangat besar yang menyembunyikan 8 pilar di baliknya, dengan diatapi kubah berdiameter 43,2 m.

Pantheon didirikan oleh kaisar romawi Hadrian, antara tahun 118 dan 128 M. Menggantikan sebuah kuil yang dibangun oleh negarawan Marcus Vipsanius Agrippa di tahun 27 SM yang di awal abad ke 7 ditahbiskan sebagai gereja.

Pantheon juga mengacu pada bangunan yang berfungsi sebagai makam bagi tokoh terkemuka.
Well that’s enough bout the shining pantheon, now it’s turn for my favourite, 


Fontana di Piazza della Rotonda
Fountain in Piazza della Rotonda

Masa Pembangunan : 1575M– 1711M
Lokasi :Roma, Italia
Costructed by : Giacomo Della Porta under Pope Gregory XIII in 1575, and the obelisk was added to it in 1711 under Pope Clement XI.

Fontana di Piazza della Rotonda berlokasi di tengah square di Roma, tepat di depan Pantheon.
Kapan Fontana di Piazza della Rotonda dibuat? Air Mancur ini dibuat  setelah pemulihan saluran air Aqua Virgo. Dan air mancur ini perancangannya dipercayakan kepada Leonardo Sormani.

Fontana di Piazza della Rotonda ini dibuat untuk merayakan  perayaan kreasi 18 fountain dengan cara menciptakan rangkaian 18 air mancur.

Tahukah kalian, bahwa air mancur yang indah ini pada masa pemerintahan Clement XI, lokasinya pernah dijadikan sebagai pasar ikan dan sayuran yang kebetulan diselenggarakan di Roma Square. Yang bahkan sampai ke barisan pilar terluar  Pantheon. (Well, that’s .. horrible). Tapi akhirnya selama masa restorasi di tahun 1804, Paus Pius berhasil memindahkan kegiatan perdagangan pasar tersebut ke Piazza Navona, dan berhasil mengembalikan martabat alun-alun. 

Namun sebuah laporan melaporkan bahwa di tahun 1836 kumpulan para penjual ikan menempati tempat di Fontana di Piazza della Rotonda lagi dan memanfaatkan cekungan yang ada pada air mancur untuk menjaga agar ikan-ikan tetap segar dan hidup. (Well, that’s another story -_-) Yang menyebabkan dibuatnya penghalang disekitar  air mancur pada saat itu.

Dan akhirnya di tahun 1886 pagar yang melindungi air mancur tersebut di lepas sehingga Fontana di Piazza della Rotonda tampak seperti sekarang.

 The thing is , Pantheon dan Fontana di Piazza della Rotonda ini berhadap-hadapan 
Pantheon dan Fontana di Piazza della Rotonda, view from above
Kelihatan air mancurnya ? kira kira berapa meter ya kesana :)

Apa yang akan kita lihat saat tengadah

Pantheon Entrance, Direct view to Fontana di Piazza Della Rotonda

Well ~~ bagi yang ingin melihat apresiasi saya mengenai Pantheon dan Fontana Di Piazza Della Rotonda, silahkan kunjungi posting ----> ini

Dan untuk review dari apresiasi tersebut , silahkan kunjungi posting -----> ini






Hana Zainab Mukarromah Web Developer

I am a programming teacher who lived in Bandung, pluviophile nephelolater, oneironaut, writer, blogger, muslimah for a living